kana nishino

Selasa, 05 November 2013

BAB 3 : Ekonomi Koperasi #

Pengaruh Kemitraan Usaha Terhadap Kinerja Usaha Pada UsahaKecil Dan Menengah (UKM) Dan Koperasi Di Kabupaten Jeneponto Sulawasi Selatan
Saparuddin M*
Basri Bado**
BAB III
I.                  KESIMPULAN

1.   Pelaksanaan kemitraan usaha antara usaha kecil menengah dan koperasi di Kabupaten Jeneponto yang mencakup akses pemasaran, pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, akses permodalan serta keterkaitan manajemen pengelolaan usaha dan organisasi, secara umum belum terlaksana secara maksimal. Hal ini tercermin dari analisis deskriptif tanggapan responden pada keseluruhan indikator kemitraan usaha yang hanya mencapai tingkat kategori sedang.
2. Secara simultan (bersama-sama) kemitraan usaha yang meliputi aspek: akses pemasaran, pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, akses permodalan dan keterkaitan manajemen pengelolaan usaha dan organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja usaha finansial dan kinerja usaha non finansial pada usaha kecil menengah dan koperasi di Kabupaten Jeneponto.
3.   Secara parsial akses pemasaran, pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, akses permodalan serta keterkaitan manajemen pengelolaan usaha dan organisasi, masing-masing signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha finansial Aspek akses pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia merupakan aspek yang memberikan kontribusi paling besar berpengaruh terhadap kinerja usaha finansial pada usaha kecil menengah dan koperasi di Kabupaten Jeneponto. Demikian juga pada kinerja usaha non finansial, aspek pemasaran, pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia, akses permodalan serta keterkaitan manajemen pengelolaan usaha dan organisasi masing-masing signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha non finansial. Aspek keterkaitan manajemen pengelolaan usaha dan organisasi merupakan aspek yang memberikan kontribusi pengaruh paling besar terhadap kinerja usaha non finansial pada usaha kecil menengah dan koperasi di Kabupaten Jeneponto.


II.               SARAN

Saran-saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah :

1.   Mengingat kecilnya pengaruh kemitraan usaha dalam aspek akes pemasaran baik terhadap finansial maupun terhadap kinerja non finansial, hendaknya pihak usaha kecil menengah dan koperasi perlu mengkaji lebih mendalam serta meneliti penyebabnya, karena dengan adanya sumber-sumber permodalan erati lebih mudah untuk mengelola aktivitas usaha.
2.   Menggat aspek lain dari kemitraan usaha yang empengaruhi kierja usaha finansialdan kinerja usaha non fnansial pada usaha kecil menengah dan koerasi di kabupaten jenepnto – sulawesi selatan masih cukup besar, maka disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti aspek lain di luar dari keempat aspek dari kemitraan usaha yang diteliti dan memengaruhi kinerja usaha.
3.   Pihak usaha kecil menengah dan operasi sebaiknya dapat ebih mengembangkan poteni sumber daya yang dimiikinya terutama dari sumber daya manusia (SDM) agar mampu bersaing secara kompetitif dengan pelaku usaha lainnya.
4.   Kepada piha yang bermitra usaha baik kepada usaha besar atau lembaga ekonomi lainnya maupun bagi usaha kecil menengah dan koperasi, agar dapat lebih dikedepankan prinsip saling membutuhkan dan saling mengunungkan dalam pelaksanaan kemitaan usaha.
5.   Perlu di lakukan lebih banyak lagi kajian dalam bentuk penelitian yang menyangkut tentang usaha kecil menengah dan koperasi, dengan memanfaatkan keberadaan lembaga inkubator yang ada pada setiap perguruan tinggi.

III.           DAFTAR PUSTAKA

Adi Muchanis, 1993. Analisis Kinerja Keuangan, IPWI Jakarta
Athimson, 1995. Management Accounting, Prentice Hall, Inc. New York
Bambang Riyanto, 1992, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Badan Penerbit Gadjah Mada, Yogyakarta.
Buchory Herry, 2001, Kajian Terhadap Kredit Program Dakabalarea Sebagai Suatu Model Pemberdayaan Ekonomi Rakyat, Program Pascasarjana Bandung.
Branson William, 1989, Macroeconomics Theory and Policy, New York, Harper and Row Publisher Inc.
Book, Sven Ake, 1992, Nilai-Nilai Koperasi dalam Era Globalisasi, KJA Jakarta  
Burgess, Jhon F, 1993, Small Business Management Fundamentals, Sixth Edition, Mc Graw Hill Inc, USA
Depkop, 1995, Aspek Finansial dalam Pengembangan dan Pembinaan Pengusaha Kecil, Balitbangkop, Jakarta
-------------,1995, Panduan Pola Pengembangan Kemitraan, Balingkop, Jakarta
-------------, 1997, Perencanaan dan Penyusunan Program Supervisi Evaluasi Koperasi dan Pengusaha Kecil, Balitbangkop, Jakarta
Dirjen PPK Depkop, 1994, Pedoman Pelaksanaan Keterkaitan Kemitraan di Bidang Industri Kecil, Balitbangkop, Jakarta
Endah Srinarni, 1997, Kajian Kinerja Koperasi Secara Nasional, Balitbangkop, Jakarta
Eschenburg, Roll, 1994, Theory of Cooperation, Hubert & Co, Gottingen, Germany
Gujarati, Damodar, 1999, Ekonometrika Dasar, Erlangga, Jakarta
Harun Al-Rasyid, 1994, Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala, Program Pascasarjana Unpad, Bandung
Hetifah, Erna Ermawati, 1994, Dimensi Strategis Pengembangan Usaha Kecil, Akatiga, Bandung
La Ode Kalimin, 1998, Pengaruh Kemitraanusaha terhadap Kinerja Bisnis KUD dan Non KUD di Kabupaten andung, Pascasarjana Unpad, Bandung
Maspiyati, dkk, 1995, Pengembangan Usaha Kecil; Pemihakan Setengah Hati, Akatiga, Bandung
Marbun, 1996, Manajemen Perusahaan Kecil, Taruna Grafica, Jakarta
Suhardi, Trisura, 1992, Evaluasi Pelaksanaan Program Keterkaitan Usaha Besar dan Kecil dalam Sektor Industri Pengolahan, Gramedia, Jakarta
Thoby Mutis, 1992, Pengembangan Koperasi, Gramedia, Jakarta
Thee Kian Wie, 1992, Dialog Kemitraan dan Keterkaitan Usaha Besar dan Kecil dalam Sektor Industri Pengolahan, Gramedia, Jakarta.
Yuanita Indriani, 1995, Manfaat Kemitraan Ekonomi antara KUD dan BUMS terhadap Keadaan KUD dan Anggotanya.Tesis Program Pascasarjana Unpad, Bandung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar